Kurikulum Merdeka SMK

Kurikulum Merdeka Smk – Terjadi pergeseran struktur pembelajaran kurikulum mandiri di jenjang Pendidikan Menengah Kejuruan (SMK/MAK), penataan kembali spektrum keahlian SMK/MAK.

Kebutuhan dunia kerja dapat diasumsikan meliputi: dunia usaha, industri, badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah, instansi pemerintah atau organisasi lain dan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya.

Kurikulum Merdeka Smk

Kurikulum Merdeka Smk

Spektrum peminatan SMK/MAK selanjutnya mengacu pada penyusunan struktur kurikulum dan inisiasi serta pelaksanaan bidang dan program peminatan di SMK/MAK. Spektrum keahlian meliputi setiap program keahlian yang mencakup sekurang-kurangnya 1 (satu) konsentrasi keahlian.

Smk Lebih Mudah Adopsi Kurikulum Merdeka

Pemusatan peminatan dapat dilakukan dalam program 3 (tiga) tahun atau program 4 (empat) tahun, kemudian diatur lebih lanjut dengan keputusan kepala unit utama yang membidangi kurikulum, penilaian dan perbukuan.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No. 56/M/tahun 2022, sebagaimana dilansir portal Kemendikbud, berikut spektrum keahlian kurikulum vokasi/MAK.

Baca Juga  Bimbingan Konseling Kurikulum Merdeka

Sementara itu, struktur kurikulum mengatur beban belajar untuk setiap mata pelajaran atau mata pelajaran dalam alokasi waktu pelajaran tahunan dan/atau setiap 3 (tiga) tahun atau setiap 4 (empat) tahun. Dalam konteks ini juga dikenal sebagai sistem blok.

Dengan demikian, satuan pendidikan dapat secara fleksibel mengatur kegiatan belajarnya sendiri. Fleksibilitas ini dapat diterapkan pada alokasi waktu dalam seminggu yang tidak selalu sama dalam setahun. ***Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kmendikbud) meluncurkan Merdeka Learning edisi kedelapan bertajuk SMK Center of Excellence, yang bertujuan menjawab tantangan dalam rangka meningkatkan status SMK saat ini agar lebih patuh. Kebutuhan dunia kerja.

Iht Implementasi Kurikulum Merdeka Smk Manusawa Tahun 2022

Program SMK Center for Excellence bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkecimpung di dunia kerja atau menjadi wirausahawan melalui penyelarasan pendidikan vokasi yang mendalam dan komprehensif dengan dunia kerja.

Kemendikbud menambah pelatihan dari perguruan tinggi, khususnya program studi vokasi ke SMK. Dari 895 SMK yang terlibat, 7 sektor akan diprioritaskan, yakni ekonomi kreatif, permesinan, konstruksi, perhotelan, maritim, pertanian, dan kerja sama luar negeri.

Pencapaian keselarasan antara SMK dengan dunia kerja dapat dicapai dengan memenuhi delapan unsur linkage dan compatibility. Pertama, kurikulum dibuat bersama sesuai dengan aspek penguatan soft skill, hard skill dan karakteristik pekerjaan.

Baca Juga  Bimbingan Konseling Kurikulum Merdeka SMA

Kurikulum Merdeka Smk

Kedua, pembelajaran berbasis proyek nyata dari dunia kerja (project based learning) diikuti untuk memastikan hard skill, soft skill dan karakter yang kuat. Ketiga, meningkatkan jumlah dan peran guru/instruktur dari industri dan tenaga ahli dari dunia kerja.

In House Training Implementasi Kurikulum Merdeka Di Smk Negeri 8 Purworejo Tahun Pelajaran 2022/2023

Keempat, praktik kerja lapangan/industri minimal satu semester. Kelima, bagi lulusan dan guru/instruktur, sertifikasi kompetensi harus sesuai dengan standar dan kebutuhan dunia kerja. Keenam, perlunya pemutakhiran guru/instruktur di bidang teknologi melalui pelatihan secara berkala.

Ketujuh, melakukan riset terapan untuk mendukung teaching factory berdasarkan kasus atau kebutuhan industri nyata. Terakhir, komitmen untuk menyerap lulusan dari dunia kerja.

Kerangka kurikulum merdeka belajar, contoh kurikulum merdeka belajar, kurikulum merdeka belajar adalah, kurikulum merdeka belajar, kurikulum merdeka belajar paud, kurikulum merdeka belajar sma, panduan kurikulum merdeka belajar, kurikulum kampus merdeka, contoh kurikulum kampus merdeka, kurikulum merdeka belajar sd, kurikulum merdeka, pengembangan kurikulum merdeka belajar

admin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Kurikulum Merdeka SMK yang dipublish pada 02/10/2022 di website Bapak Guru

Leave a Comment