Modul dan Kisi-Kisi PPG Seni Budaya Kompetensi Pedagogik dan Profesional

Modul dan Kisi-Kisi PPG Seni Budaya Tahun 2022 Kompetensi Pedagogik dan Profesional

BAPAKGURU.COM – Kompetensi pedagogik dan profesional merupakan 2 kompetensi guru yg akan dipelajari lebih mendalam oleh peserta PPG tahun 2022. Terkait hal itu, berikut ini adalah Modul Pendidikan Profesi Guru (PPG) Seni Budaya tahun 2022 untuk Kompetensi Pedagogik dan Profesional.

Modul dan Kisi-Kisi PPG Seni Budaya tahun 2022 tersebut juga telah dilengkapi dengan lembar kerja belajar mandiri, sehingga dapat dikerjakan peserta secara langsung dan individu.

Modul dan Kisi-Kisi PPG Seni Budaya ini untuk membantu peserta dalam mengikuti sistem pembelajaran pada program Pendidikan Profesi Guru (PPG) tahun 2022.

Sekilas tentang Program PPG ( Pendidikan Profesi Guru )

Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan salah satu upaya pemerintah dalam rangka menyiapkan guru-guru profesional.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah program pendidikan yg diselenggarakan untuk mempersiapkanguru agar menguasai kompetensi secara utuh sesuai dengan standar nasional pendidikan, sehingga diperoleh Sertifikat Pendidik Profesional.

Program Pendidikan Profesi Guru diharapkan akan menghasilkan guru-guru profesional diharapkan akan menghasilkan lulusan yg unggul dan siap menghadapi tuntutan jaman.

PPG diselenggarakan oleh perguruan tinggi yg memiliki lembaga pendidikan tenaga kependidikan yg memenuhi persyaratan.

Secara umum, tujuan program Pendidikan Profesi Guru (PPG) adalah sesuai dengan yg diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 3, yaitu menghasilkan calon guru yg memiliki kemampuan mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Sistem pembelajaran dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) mencakup perkuliahan, praktikum, dan praktek penggalaman lapangan yg diselengarakan dengan pemantauan langsung secara insentif oleh dosen yg ditugaskan khusus untuk kegiatan tersebut serta dinilai secara objektif dan transparan.

Perkuliahan praktikum dan praktek pengalaman lapangan dilaksanakan secara tatap muka dan berorientasi pada pencapaian kompetensi merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menulis hasil pembelajaran, menindaklanjuti hasil pembelajaran, serta melakukan pembimbingan pada pelatih.

Baca Juga  Download Soal PTS Seni Budaya Kelas 10 Semester 2 Kurikulum 2013

Uji kompetensi sebagai ujian akhir terdiri dari ujian tulis dan ujian kinerja. Ujian kompetensi tersebut ditempuh setelah peserta lulus semua program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Ujian tulis dilaksanakan oleh program studi atau jurusan penyelenggara, sedangkan ujian kinerja dilaksanakan oleh program studi atau jurusan dengan melibatkan organisasi profesi maupun pihak eksternal yg profesional dan relevan.

Peserta yg lulus uji kompetensi berhak untuk memperoleh sertifikat pendidik bernomor registrasi yg dikeluarkan oleh penyelenggara PPG.

Modul dan Kisi-Kisi PPG Seni Budaya Tahun 2022 (Kompetensi Pedagogik dan Profesional)

Kompetensi pedagogik secara sederhana adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan guru dalam hal pemahaman terhadap peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar, dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yg dimilikinya.

Dengan demikian, kompetensi pedagogik ini menjadi kompetensi khusus yg dikuasai guru, sehingga membedakannya dengan profesi lain.

Penguasaan kompetensi pedagogik guru akan menentukan kualitas proses dan hasil pembelajaran yg ditunjang dengan profesionalitasnya.

Kompetensi profesional merupakan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yg mencakup penguasaan materi kurikulum mata pelajaran di sekolah dan substansi keilmuan yg menaungi materinya, serta penguasaan terhadap stuktur dan metodologi keilmuannya.

Kemampuan yg harus dipenuhi sebagai guru profesional adalah merencanakan program pembelajaran, mengelola pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran.

Indikator pengukuran kompetensi profesional guru berdasarkan Pedoman Pengelolaan Penilaian Kinerja Guru adalah sebagai berikut :

  1. Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan yg mendukung mata pelajaran yg diampu
  2. Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran/bidang pengembangan yg diampu
  3. Mengembangkan materi pembelajaran yg diampu secara kreatif
  4. Mengembangkan keprofesionalan secara berkelanjutan dengan melakukan tindakan reflektif
  5. Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk berkomunikasi dan mengembangkan diri
Baca Juga  Modul dan Kisi-Kisi PPG Matematika Tahun 2022 Kompetensi Pedagogik dan Profesional

Di dalam modul pedagogik, peserta akan mempelajari mengenai konsep dasar ilmu pendidikan. Setelah mempelajari modul pedagogik, secara umum peserta diharapkan mampu menerapkan konsep dasar ilmu pendidikan untuk mendukung tugas sebagai pendidik profesional.

Secara lebih khusus, setelah mempelajari modul pedagogik, peserta diharapkan dapat :

  1. Menerapkan berbagai landasan ilmu pendidikan dalam praktik pendidikan untuk mendukung tugas keprofesian sebagai pendidik yg memesona yg dilandasi sikap cinta tanah air, berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, samapta, disertai dengan jiwa kesepenuhhatian dan kemurahhatian;
  2. Menerapkan beragam karakteristik peserta didik sebagai pijakan dalam mendesain pembelajaran yg inovatif untuk mendukung tugas keprofesian sebagai pendidik, yg memesona yg dilandasi sikap berwibawa, tegas, disiplin, penuh panggilan jiwa, disertai dengan jiwa kesepenuhatian dan kemurahatian;
  3. Menerapkan teori belajar dalam pembelajaran untuk mendukung tugas keprofesian dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yg mendidik agar membangun sikap (karakter indonesia), pengetahuan dan keterampilan peserta didik; dan
  4. Menerapkan strategi pengembangan dan implementasi kurikulum pendidikan di indonesia untuk mendukung tugas keprofesian dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran yg mendidik agar membangun sikap (karakter indonesia), pengetahuan dan keterampilan peserta didik.

Kompetensi pedagogik menjadi kompetensi yg penting dalam profesi sebagai pendidik, karena kompetensi pedagogik merupakan kompetensi yg berkaitan dengan kemampuan memilih berbagai tindakan yg paling baik untuk membantu perkembangan peserta didik.

Modul dan Kisi-Kisi PPG Seni Budaya tahun 2022 untuk kompetensi pedagogik dan profesional selengkapnya dapat di unduh pada tautan berikut ini.

Modul dan Kisi-Kisi PPG Seni Budaya 2022 –  [ DOWNLOAD ]

Demikian yg dapat kami bagikan mengenai Modul dan Kisi-Kisi PPG Seni Budaya tahun 2022 untuk kompetensi pedagogik dan profesional. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

admin

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Modul dan Kisi-Kisi PPG Seni Budaya Tahun 2022 Kompetensi Pedagogik dan Profesional yang dipublish pada 29/05/2022 di website Bapak Guru

Leave a Comment